Selasa, 12 Mei 2009

Belajar dari kesalahan Laodikia

wahyu 3:15-16 : Aku tahu segala pekerjaanmu: engkau tidak dingin dan tidak panas. Alangkah baiknya jika engkau dingin atau panas! Jadi karena engkau suam-suam kuku, dan tidak dingin atau panas, Aku akan memuntahkan engkau dari mulut-Ku.

Menarik bila kita lihat kedua ayat ini....Ini menggambarkan kehidupan Kristen yang masih terlihat pada zaman-zaman saat ini.
Terkadang kita merasa sangat berapi-api dalam melayani bahkan dalam berhubungan dengan Tuhan, Tapi terkadang kita juga letih lesu dalam pelayanan bahkan untuk berdoa apalgi membaca alkitab saja sungkan...Tapi satu hal yang kita dapat pelajari dari ayat ini...Tuhan akan memuntahkan engkau!!!Bahkan Tuhan berkata Alangkah baiknya kalau engkau dingi atau panas....(dingin dingin saja, panas panas saja)

Ayat 17 : Karena engkau berkata: Aku kaya dan aku telah memperkayakan diriku dan aku tidak kekurangan apa-apa, dan karena engkau tidak tahu, bahwa engkau melarat, dan malang, miskin, buta dan telanjang,

Ayat 17  diberikan pada jemaat di Laodikia...Jemaat di Laodikia ini kaya secara jasmani tapi mereka miskin rohani..Mereka adalah orang kaya tapi Tuhan berkata mereka melarat, miskin, buta, dan telanjang....satu hal yang terlihat dari ayat 17 dimana mereka lebih mencari harta jasmani ketimbang dari harta rohani.

Ayat 18 :  maka Aku menasihatkan engkau, supaya engkau membeli dari pada-Ku emas yang telah dimurnikan dalam api, agar engkau menjadi kaya, dan juga pakaian putih, supaya engkau memakainya, agar jangan kelihatan ketelanjanganmu yang memalukan; dan lagi minyak untuk melumas matamu, supaya engkau dapat melihat. 

Nasehat yang bijaksana diberikan oleh Tuhan, Lebih baik membeli emas dalam kerajaan sorga.Karena tidak akan rusak dan kekal...tidak seperti harta dunia yang mudah sekali untuk musnah(contoh : Ayub)

Mat 6:19 "Janganlah kamu mengumpulkan harta di bumi; di bumi ngengat dan karat merusakkannya dan pencuri membongkar serta mencurinya.

ayat 19 : Barangsiapa Kukasihi, ia Kutegor dan Kuhajar; sebab itu relakanlah hatimu dan bertobatlah! 
ayat 20 : Lihat, Aku berdiri di muka pintu dan mengetok; jikalau ada orang yang mendengar suara-Ku dan membukakan pintu, Aku akan masuk mendapatkannya dan Aku makan bersama-sama dengan dia, dan ia bersama-sama dengan Aku. 
ayat 21 : Barangsiapa menang, ia akan Kududukkan bersama-sama dengan Aku di atas takhta-Ku, sebagaimana Akupun telah menang dan duduk bersama-sama dengan Bapa-Ku di atas takhta-Nya. 

Ayat 19-21 menjelaskan bagaimana Tuhan menginginkan kita berubah..Ia mengijinkan kita melalui hal sulit agar kita menjadi anak-Nya (ibrani12:6)...dan ayat 20-21 adalah upah dari pertobatan.....

Satu hal dari banyak hal yang pantas kita renungkan dari kejadian jemaat Laodikia adalah JADILAH PANAS!...memang berat tapi buah dari kesetiaanmu tidak setimpal dengan perbuatanmu...Baik yang diterima di bumi maupun pada kehidupan kekal nanti...

 Ibrani 12 :10-11 Sebab mereka mendidik kita dalam waktu yang pendek sesuai dengan apa yang mereka anggap baik, tetapi Dia menghajar kita untuk kebaikan kita, supaya kita beroleh bagian dalam kekudusan-Nya. Memang tiap-tiap ganjaran pada waktu ia diberikan tidak mendatangkan sukacita, tetapi dukacita. Tetapi kemudian ia menghasilkan buah kebenaran yang memberikan damai kepada mereka yang dilatih olehnya. 

dalam terjemahan lain...

Dia menghajar kita untuk kebaikan kita, supaya kita beroleh bagian dalam kekudusan-Nya. Memang tiap-tiap ganjaran pada waktu ia diberikan tidak mendatangkan sukacita, tetapi dukacita. Tetapi kemudian ganjaran itu menghasilkan buah kebenaran yang memberikan damai kepada orang yang dilatih oleh-Nya.


2 komentar:

  1. nice share jun,, keep writing yaa,,
    jun aku link yeah blog kaw hehe,,
    yan

    BalasHapus
  2. Wekekekek
    aku ne la males nak nulis sebenernyo...
    tapi gek kalo la semangat baru nulis lage b la

    BalasHapus