Sabtu, 27 Maret 2010

Hamba yang berkenan

blog kali ini...mau sharing tentang bagaimana sih menjadi seorang yang dipakai Tuhan luar biasa...

Mat 20:26-28
Tidaklah demikian di antara kamu. Barangsiapa ingin menjadi besar di antara kamu, hendaklah ia menjadi pelayanmu, dan barangsiapa ingin menjadi terkemuka di antara kamu, hendaklah ia menjadi hambamu; sama seperti Anak Manusia datang bukan untuk dilayani, melainkan untuk melayani dan untuk memberikan nyawa-Nya menjadi tebusan bagi banyak orang."

Dalam ayat di atas, terdapat 2 alasan mengapa Tuhan mau datang ke dunia...Khususnya pasal 28, yaitu : untuk melayani dan menjadi tebusan bagi banyak orang...
Dari kedua hal itu hanya satu yang dapat kita lakukan dari teladan Tuhan yaitu melayani...

Mari kita lihat apa yang dikatakan tentang melayani...
Yeremia 3:3-6
Lalu pergilah aku ke rumah tukang periuk, dan kebetulan ia sedang bekerja dengan pelarikan. Apabila bejana, yang sedang dibuatnya dari tanah liat di tangannya itu, rusak, maka tukang periuk itu mengerjakannya kembali menjadi bejana lain menurut apa yang baik pada pemandangannya. Kemudian datanglah firman TUHAN kepadaku, bunyinya: "Masakan Aku tidak dapat bertindak kepada kamu seperti tukang periuk ini, hai kaum Israel!, demikianlah firman TUHAN. Sungguh, seperti tanah liat di tangan tukang periuk, demikianlah kamu di tangan-Ku, hai kaum Israel!

Konsep hamba bagi dunia berbeda dengan hamba bagi Tuhan...
Hamba dalam hal manusia selalu menjadi pesuruh yang berusaha sendiri, sedangkan hamba bagi Tuhan...Bukan hanya hamba yang bekerja tapi Tuhan yang juga ikut dalam pekerjaan itu..

Ada 2 sikap yang harus dimiliki oleh hamba yang berkenan...
1. Mau dibentuk...
Untuk memiliki hati hamba, tidak peduli mengenai kekurangan ataupun kelebihan ataupun keterbatasan, tapi yang diperlukan adalah hati...
Lihat apa respon Yesaya saat dipanggil Tuhan...
Yes 6:8
Lalu aku mendengar suara Tuhan berkata: "Siapakah yang akan Kuutus, dan siapakah yang mau pergi untuk Aku?" Maka sahutku: "Ini aku, utuslah aku!"
Bahkan Daud dipilih bukan karena dia hebat, tapi hatinya...
1 Samuel 16:7
Tetapi berfirmanlah TUHAN kepada Samuel: "Janganlah pandang parasnya atau perawakan yang tinggi, sebab Aku telah menolaknya. Bukan yang dilihat manusia yang dilihat Allah; manusia melihat apa yang di depan mata, tetapi TUHAN melihat hati."
Jadi yang paling penting adalah hati...

2. Dapat dibentuk
Hal lain yang harus dimiliki adalah dapat dibentuk...seperti ayat di Yeremia di atas dimana, ketika tanah liat itu hancur, maka tukang periuk akan membentuknya lagi...begitu seterusnya...Dapat dibentuk berarti berani mengambil resiko dan pantang menyerah..
Mari lihat apa yang dilakukan Elia, ketika itu ia hanya sendirian menentang nabi Baal, tapi karena ia memiliki hati yang dapat dibentuk...maka Ia menjadi orang yang luar biasa...
Yokobus 5:17
Elia adalah manusia biasa sama seperti kita, dan ia telah bersungguh-sungguh berdoa, supaya hujan jangan turun, dan hujanpun tidak turun di bumi selama tiga tahun dan enam bulan.

Jadi, Bila kita ingin menjadi orang yang benar benar berkenan, milikilah hati yang bukan saja mau dibentuk tapi juga dapat dibentuk....

Tuhan berkati..^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar