Minggu, 23 Mei 2010

Arti sebuah nama

Syalom...

Nama adalah hal mutlak yang harus dimiliki oleh setiap manusia...Dalam nama mempunyai harapan, mimpi, cita-cita bahkan doa orang tua...Setiap nama yang diberi diharapkan dapat mencerminkan orang yang memiliki nama...
Contoh : Victor = pemenang, Gideon = pejuang perkasa ,ayu = cantik,dll

Semua manusia ingin mendapatkan nama yang memiliki arti bagus, atau anda menginginkan anak anda bernama Satan, Iblis atau lain sebagainya???tentu tidak bukan...kalau bisa nama anak-anaknya sama seperti nama malaikat seperti Mikhael, Gabriel, atau bahkan nama Yesus dipakai untuk nama...kecenderungan kalau udah telanjur bernama jelek biasanya nama diganti supaya lebih bagus...

Post kali ini aku mau sharing masalah nama...Aku mencermati ada satu dari tokoh alkitab yang aneh...Nama-nama di Alkitab mempunyai arti, dan berikut nama-nama yang mengalami penambahan kualitas...
Abram (Bapa yang Agung) -> Abraham (Bapa orang beriman)
Yakub (penipu) -> Israel (Engkau bergumul dengan Allah dan engkau menang)
Hosea (Keselamatan) -> Yosua (Tuhan yang menyelamatkan)

Tapi kali ini aku menyoroti salah satu tokoh yang bukan mengalami penambahan kualitas tapi malah penurunan....
Naomi (manis) -> Mara (pahit)

Apa yang menyebabkan hal ini??ternyata tak lain dan tak bukan masalah pergumulan hidup...
Naomi kehilangan suami (Elimelekh) dan kedua anaknya (Mahlon dan Kilyon)
Rut 1:3
Kemudian matilah Elimelekh, suami Naomi, sehingga perempuan itu tertinggal dengan kedua anaknya
Rut 1:5
Lalu matilah juga keduanya, yakni Mahlon dan Kilyon, sehingga perempuan itu kehilangan kedua anaknya dan suaminya.
Selain itu Naomi merasa Tuhan tidak berpihak padanya
Rut 1:13
masakan kamu menanti sampai mereka dewasa? Masakan karena itu kamu harus menahan diri dan tidak bersuami? Janganlah kiranya demikian, anak-anakku, bukankah jauh lebih pahit yang aku alami dari pada kamu, sebab tangan TUHAN teracung terhadap aku?"
Rut 1:21-22
Tetapi ia berkata kepada mereka: "Janganlah sebutkan aku Naomi; sebutkanlah aku Mara, sebab Yang Mahakuasa telah melakukan banyak yang pahit kepadaku. Dengan tangan yang penuh aku pergi, tetapi dengan tangan yang kosong TUHAN memulangkan aku. Mengapakah kamu menyebutkan aku Naomi, karena TUHAN telah naik saksi menentang aku dan Yang Mahakuasa telah mendatangkan malapetaka kepadaku."

Sangat disayangkan, Bila kita membaca kitab Rut sampai habis...kita akan menemukan bahwa kehidupan Naomi terpelihara oleh karena Rut di Betlehem (tanah perjanjian) daripada di Moab...
Naomi tidak dapat melihat pekerjaan yang dilakukan Tuhan dibalik kesusahannya...Hal ini juga tercermin dari nama yang ia ingin pakai yaitu MARA...

Kesimpulannya, Apakah anda ingin seperti Naomi dimana karena masalah hidup sampai mengubah apa yang didoakan orang tuamu....atau sudakah namamu itu mencerminkan kehidupanmu sekarang???

Tuhan berkati...^^


Tidak ada komentar:

Posting Komentar