Rabu, 03 Februari 2010

Akibat tidak mendengar suara Tuhan

Kalau post sebelumnya menuliskan tentang pemisah antara Tuhan dan manusia, dan bagaimana agar dapat mendengar suara Tuhan, sekarang akan dipaparkan bahaya dan ketika kita salah atau tidak meresponi suara itu…


Saya mempunyai beberapa contoh orang yang salah meresponi atau tidak melakukan setelah mendengar suara TUHAN sehingga mereka mendapatkan akibat yang tentu tidak diinginkan :


1. Musa

Musa adalah contoh pemimpin yang luar biasa, Tuhan memakai ia untuk membawa Israel ke tanah perjanjian, Tapi, Musa pada akhirnya tidak diperbolehkan masuk ke tanah perjanjian…Mengapa???karena musa tidak tidak melakukan apa yang telah ia dengar….


Perhatikan ayat ini, fokuskan pada yang diberi warna berbeda :

Bilangan 20 : 7-8

TUHAN berfirman kepada Musa: "Ambillah tongkatmu itu dan engkau dan Harun, kakakmu, harus menyuruh umat itu berkumpul; katakanlah di depan mata mereka kepada bukit batu itu supaya diberi airnya; demikianlah engkau mengeluarkan air dari bukit batu itu bagi mereka dan memberi minum umat itu serta ternaknya."


Tapi kita lihat apa yang dilakukan oleh Musa

Bilangan 20:11

Sesudah itu Musa mengangkat tangannya, lalu memukul bukit batu itu dengan tongkatnya dua kali, maka keluarlah banyak air, sehingga umat itu dan ternak mereka dapat minum.


Pada ayat 7-8, Tuhan hanya menyuruh Musa berkata pada bukit batu, tapi yang dilakukan Musa malah memukulnya sampai dua kali, Memang pada akhirnya air keluar, Tapi itu membuat Musa (dengan Harun) tidak dapat masuk tanah perjanjian :

Bilangan 20 : 12

Tetapi TUHAN berfirman kepada Musa dan Harun: "Karena kamu tidak percaya kepada-Ku dan tidak menghormati kekudusan-Ku di depan mata orang Israel, itulah sebabnya kamu tidak akan membawa jemaah ini masuk ke negeri yang akan Kuberikan kepada mereka."


Kita lihat, seorang pemimpin yang luar biasa…mendapat hukuman akibat salah meresponi suara Tuhan…Musa hanya diperbolehkan melihat tanah perjanjian (melihat bangsanya menyebrang) tapi tidak boleh masuk tanah perjanjian…


2. Istri Lot

Istri Lot termasuk orang yang tidak mendengar suara Tuhan…Akhirnya ia menjadi tiang garam...

Kejadian 19 : 17

Sesudah kedua orang itu menuntun mereka sampai ke luar, berkatalah seorang: "Larilah, selamatkanlah nyawamu; janganlah menoleh ke belakang, dan janganlah berhenti di manapun juga di Lembah Yordan, larilah ke pegunungan, supaya engkau jangan mati lenyap."

Tapi inilah yang dilakukan oleh istri Lot

Kejadian 19 : 26

Tetapi isteri Lot, yang berjalan mengikutnya, menoleh ke belakang, lalu menjadi tiang garam.


3. Saul

Saul adalah raja pertama dari bangsa Israel…Pada mulanya ia adalah raja yang disertai Tuhan…


1 samuel 10 : 6-7

Maka Roh TUHAN akan berkuasa atasmu; engkau akan kepenuhan bersama-sama dengan mereka dan berubah menjadi manusia lain. Apabila tanda-tanda ini terjadi kepadamu, lakukanlah apa saja yang didapat oleh tanganmu, sebab Allah menyertai engkau.


Dikatakan bahwa Roh Tuhan akan berkuasa atas Saul, setelah banyak hal yang dilakukan Saul saat menjadi raja…Ada banyak kesalahan yang dilakukannya..Tapi, saya akan mengambil contoh ketika Saul tidak mendengar suara Tuhan…


Lihat apa yang dikatakan Tuhan pada ayat berikut :

1 Samuel 15 : 2-3

Beginilah firman TUHAN semesta alam: Aku akan membalas apa yang dilakukan orang Amalek kepada orang Israel, karena orang Amalek menghalang-halangi mereka, ketika orang Israel pergi dari Mesir. Jadi pergilah sekarang, kalahkanlah orang Amalek, tumpaslah segala yang ada padanya, dan janganlah ada belas kasihan kepadanya. Bunuhlah semuanya, laki-laki maupun perempuan, kanak-kanak maupun anak-anak yang menyusu, lembu maupun domba, unta maupun keledai."


Ayat diatas adalah perintah Tuhan dengan perantaraan Samuel…Lihat ada kata yang sudah dibedakan warnanya…

Tapi, apa yang dilakukan Saul :

1 samuel 15 : 8-9

Agag, raja orang Amalek, ditangkapnya hidup-hidup, tetapi segenap rakyatnya ditumpasnya dengan mata pedang. Tetapi Saul dan rakyat itu menyelamatkan Agag dan kambing domba dan lembu-lembu yang terbaik dan tambun, pula anak domba dan segala yang berharga: tidak mau mereka menumpas semuanya itu. Tetapi segala hewan yang tidak berharga dan yang buruk, itulah yang ditumpas mereka.


Saul tidak melakukan apa yang Tuhan katakan, diayat 2-3 dikatakan tumpas dan bunuh SEMUA!! Tapi ada yang diselamatkan…

Lalu, apa akibatnya…dikatakan pada perikopnya Saul ditolak sebagai raja…

1 samuel 15 : 26

Tetapi jawab Samuel kepada Saul: "Aku tidak akan kembali bersama-sama dengan engkau, sebab engkau telah menolak firman TUHAN; sebab itu TUHAN telah menolak engkau, sebagai raja atas Israel."


Ada satu hal lagi yang dilakukan Saul yang mungkin kita sering melakukannya, Saul melawan perintah Tuhan tersebut dengan alasan akan mempersembahkan korban hasil jarahan pada Tuhan…Niatnya baik, Toh memberi persembahan, tapi lebih dari itu, ia salah besar…

1 samuel 15 : 21

Tetapi rakyat mengambil dari jarahan itu kambing domba dan lembu-lembu yang terbaik dari yang dikhususkan untuk ditumpas itu, untuk mempersembahkan korban kepada TUHAN, Allahmu, di Gilgal."


Lihatlah apa jawaban Samuel

1 samuel 15 : 22

Tetapi jawab Samuel: "Apakah TUHAN itu berkenan kepada korban bakaran dan korban sembelihan sama seperti kepada mendengarkan suara TUHAN? Sesungguhnya, mendengarkan lebih baik dari pada korban sembelihan, memperhatikan lebih baik dari pada lemak domba-domba jantan.


Kadang kita juga mendengar suara Tuhan, tapi kita sering punya banyak alasan untuk menentang suara itu dengan berpikir itu niat baik….

Dengarlah suara Tuhan, Hal yang kita pikir baik belum tentu baik menurut Tuhan…Ataukah kita lebih hebat dari pada-Nya???

Yes 55 : 8-9

Sebab rancangan-Ku bukanlah rancanganmu, dan jalanmu bukanlah jalan-Ku, demikianlah firman TUHAN. Seperti tingginya langit dari bumi, demikianlah tingginya jalan-Ku dari jalanmu dan rancangan-Ku dari rancanganmu.


Marilah kita mendengarkan suara Tuhan dan melakukannya dengan respon yang benar, ketahuilah Ia akan membuat semuanya berjalan lancar…


Jesus bless…^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar