Sabtu, 20 Februari 2010

Sikap saat susah

Post ini berisi sikap yang benar yang harus dilakukan saat menghadapi masalah...
Saya menyoroti seorang raja Yehuda bernama Hizkia....
Untuk pembacaan lebih lanjut tentang raja ini dapat dilihat pada 2raja-raja 18-20 ; 2 tawarikh 29-32 ; Yesaya 38-39

Tapi dari keseluruhan hidup raja Hizkia, saya hanya membahas satu sikap...
Dimulai dengan kejadian ia dinubuatkan akan mati
2 raja-raja 20 : 1
Pada hari-hari itu Hizkia jatuh sakit dan hampir mati. Lalu datanglah nabi Yesaya bin Amos, dan berkata kepadanya: "Beginilah firman TUHAN: Sampaikanlah pesan terakhir kepada keluargamu, sebab engkau akan mati, tidak akan sembuh lagi."

Dan inilah sikap yang ia lakukan setelah mendengar kabar BURUK ataupun kejadian BURUK itu...
2 raja-raja 20 : 2
Lalu Hizkia memalingkan mukanya ke arah dinding dan ia berdoa kepada TUHAN: "Ah TUHAN, ingatlah kiranya, bahwa aku telah hidup di hadapan-Mu dengan setia dan dengan tulus hati dan bahwa aku telah melakukan apa yang baik di mata-Mu." Kemudian menangislah Hizkia dengan sangat.

Seberapa banyak kita seperti Hizkia???Ketika mendapat suatu masalah langsung menggerutu, atau bahkan bukan Tuhan yang langsung kita cari??Kita mencari manusia...Yang belum tentu dapat menyelesaikannya. Atau kita menjadi orang yang langsung putus asa dan pergi meninggalkan Tuhan???

Sikap Hizkia setelah mendapat kabar itu, Tanpa basa-basi, tanpa meminta konfirmasi, Hizkia langsung memalingkan mukanya dan berdoa kepada Tuhan....Dan tak perlu waktu lama Tuhan menjawabnya.
2 raja-raja 20 : 5-6
Baliklah dan katakanlah kepada Hizkia, raja umat-Ku: Beginilah firman TUHAN, Allah Daud, bapa leluhurmu: Telah Kudengar doamu dan telah Kulihat air matamu; sesungguhnya Aku akan menyembuhkan engkau; pada hari yang ketiga engkau akan pergi ke rumah TUHAN. Aku akan memperpanjang hidupmu lima belas tahun lagi dan Aku akan melepaskan engkau dan kota ini dari tangan raja Asyur; Aku akan memagari kota ini oleh karena Aku dan oleh karena Daud, hamba-Ku."

Lihat apa yang dilakukan oleh Tuhan setelah melihat sikap dan airmata Hizkia....
Tuhan bukan saja menyembuhkannya, tapi memperpanjang, bahkan kota tempat ia memerintah dilindungi....
Ketika kita mempunyai sikap iman yang benar, Maka Tuhan akan turun tangan....

Ubahla sikap kita dalam menghadapi stiap masalah dan pergumulan...TAPI, sebelum mengubah sikap iman seperti di atas ubah dulu kehidupan kita....Tanyakan apakah setiap hal yang kita lakukan benar atau salah...Bukankah Alkitab menulis begini...
2 Raja-raja 8:13
Ia (Hizkia) melakukan apa yang benar di mata TUHAN, tepat seperti yang dilakukan Daud, bapa leluhurnya.

Jadi, yang pertama adalah ubah sikap kita dulu, lalu lakukan sikap atau tindakan Iman....
Percayalah Tuhan pasti menolong...

Tuhan berkati...^^

1 komentar: