Rabu, 22 September 2010

Tesalonika Vs Berea

Shalom...

Post kali ini aku mau mengajak kita untuk membandingkan kedua kota ini....Tesalonika dan Berea adalah salah dua dari tempat yang dikunjungi Paulus dalam pelayanannya...Nah, akan tetapi ada perbedaan mendasar dari kedua kota ini padahal Paulus melakukan hal yang sama, yaitu mengajar di rumah ibadat
Sebenernya perbandingan ini dibuat agar kita belajar dan mengambil yang baik....Untuk pembacaannya dapat dilihat di Kisah Para Rasuk 17:1-9 (untuk Tesalonika) dan Kisah Rasul 17:10-15 (untuk Berea)
Neh keadaan di Tesalonika..
Kisah Rasul 17:5
Tetapi orang-orang Yahudi menjadi iri hati dan dengan dibantu oleh beberapa penjahat dari antara petualang-petualang di pasar, mereka mengadakan keributan dan mengacau kota itu. Mereka menyerbu rumah Yason dengan maksud untuk menghadapkan Paulus dan Silas kepada sidang rakyat.

Sedangkan ini yang terjadi di Berea
Kisah Rasul 17:11
Orang-orang Yahudi di kota itu lebih baik hatinya dari pada orang-orang Yahudi di Tesalonika, karena mereka menerima firman itu dengan segala kerelaan hati dan setiap hari mereka menyelidiki Kitab Suci untuk mengetahui, apakah semuanya itu benar demikian.

Nah, apa sih yang membedakannya??ternyata jemaat di Berea memiliki kerelaan hati (tidak dimiliki oleh Tesalonika), selain itu mereka menyelidiki Kitab Suci (mereka belajar akan Firma Tuhan)...Nah, hal inilah yang menjadikan Berea lebih dari Tesalonika..
Bahkan ada hal yang lebih hebat lagi di Berea yang tidak ada di Tesalonika..
Kisah rasul 17:13-14
Tetapi ketika orang-orang Yahudi dari Tesalonika tahu, bahwa juga di Berea telah diberitakan firman Allah oleh Paulus, datang jugalah mereka ke sana menghasut dan menggelisahkan hati orang banyak. Tetapi saudara-saudara menyuruh Paulus segera berangkat menuju ke pantai laut, tetapi Silas dan Timotius masih tinggal di Berea.

Nah, Orang yahudi Tesalonika tidak senang dengan apa yang dikerjakan di Berea jadi mereka menghasut jemaat di Berea (inilah tanda tidak senang dengan kebaikan orang lain), Tapi apa respon jemaat di Berea??
Karena mereka rela dan tahu Firman, mereka malah menyelamatkan Paulus dari mereka-mereka itu...

Ayo, jadilah orang yang punya kerelaan hati dan suka akan Firman....Tuhan akan pakai kalian,

Tuhan berkati..^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar